Minggu, 16 Agustus 2020

KEGUNAAN KARTU INDONESIA SEHAT


KARTU INDONESIA SEHAT

Hallo bro and sis disini saya akan memberitahukan informasi kegunaan dari kartu indonesia sehat silahkan baca artikel dibawah ini ya enjoy!

Kartu Indonesia Sehat berfungsi untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara gratis. Kartu Indonesia Sehat dapat digunakan di setiap fasilitas kesehatan tingkat pertama dan tingkat lanjut. Tidak hanya itu Kartu Indonesia Sehat juga dapat membantu masyarakat yang kurang mampu untuk bisa berobat secara gratis.

KIS atau Kartu Indonesia Sehat adalah progam dari Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan tujuan memberi perlindungan kesehatan kepada rakyat dan mengurangi beban mereka dalam menanggung biaya kesehatan 

Manfaat lain yang membedakan KIS dengan BPJS Kesehatan yaitu KIS digunakan tidak hanya untuk pengobatan, tetapi juga dapat digunakan untuk melakukan pencegahan. Sementara itu, BPJS hanya dapat digunakan jika kondisi kesehatan peserta sudah benar-benar sakit atau harus dirawat.
 
Data menunjukkan bahwa banyak masyarakat yang merasakan manfaat dari hadirnya program KIS. Pada 2018, pemanfaatan pelayanan kesehatan di seluruh tingkat layanan mencapai 233,8 juta pemanfaatan atau rata-rata 640.765 per hari
.

Dalam prosedur pelayanannya, KIS memiliki prinsip yang sama dengan jaminan kesehatan lainnya seperti juga BPJS. Prosedurnya, Anda sebagai pemilik KIS harus terlebih dahulu mendatangi puskesmas sebagai pelayanan kesehatan tingkat pertama untuk melakukan pemeriksaan tahap awal. Jika memang kondisi penyakitnya memang harus mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat lanjut, maka puskesmas akan memberikan surat rujukan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan lanjutan yaitu rumah sakit daerah. Namun peraturan ini tidak berlaku jika pemilik KIS sedang dalam keadaan darurat. Jika hal ini terjadi maka peserta bisa langsung mendapatkan pelayanan kesehatan tingkat lanjutan. Lalu bagaimana jika penerima KIS sudah memiliki kartu jaminan kesehatan seperti kartu ASKES, Jamkesmas, BPJS, KJS dan e-ID BPJS? Hal ini tidak ada masalah, karena fasilitas dari ASKES atau BPJS sendiri  masih bisa dipergunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

Jadi kesimpulannya dengan adanya Kartu Indonesia Sehat masyarakat di Indonesia yang kurang mampu dalam ekonomi untuk berobat bisa menggunakan KIS. Sekian dari saya Terima Kasih.

0 komentar:

Posting Komentar

KEUNGGULAN SMPK SANTA MARIA 2 MALANG

KEUNGGULAN SMPK SANTA MARIA 2 MALANG  Hallo bro and sis disini kita akan memberikan banyak keunggulan dari sekolah menengah ke atas SMPK SAN...